Abstrak


Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lempar Turbo Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo


Oleh :
Suyanto - X4712677 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lempar turbo melalui  pendekatan  bermain  dalam  pembelajaran   pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tracap  Kecamatan Kaliwiro Wonosobo Tahun Pelajaran  2013 I 2014.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian  adalah  siswa kelas V SD Negeri 1 Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013 I 2014 yang berjumlah 26 orang siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data berupa data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari hasil belajar siswa, data keaktifan siswa, data aktifitas guru dan data pendekatan bermain dalam pembelajaran, sedangkan data sekunder terdiri dari RPP, silabus dan kurikulum. Teknik pengumpulan  data  adalah  dengan  tes  unjuk  kerja dan observasi proses kegiatan pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif  dan analisis kritis. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar sebelum  tindakan  peneliti hanya  31 %  orang  siswa  yang  mencapai  ketuntasan, kemudian meningkat menjadi 58% pada siklus I dan mencapai ketuntasan maksimal pada ahir siklus II yaitu 85%.
Simpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui pendekatan bermain dalam pembelajaran dapat  meningkatkan  hasil belajar lempar turbo pada siswa  Sekolah Dasar, khususnya siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo.