Abstrak


Optimalcsasl Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodok Melalui Modiflkasi Alat Bantu Bola Plastlk Berisi Pasir Pada Si.Swa Kelas IV SD Negeri 03 Banjaranyar Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang


Oleh :
Darti - X4709025 - Fak. KIP

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran  tolak peluru  gaya ortodok: melalui modifikasi alat bantu bola plastik berisi pasir. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Banjaranyar Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Semester II tahun pelajaran 2010/2011. Instrument yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, kartu ceria, tes  unjuk kerja siswa. Analisa data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modifikasi alat bantu dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi tolak peluru dapat meningkatkan semangat siswa, antusias siswa, suasana kelas, dan peningkatan hasil atau nilai siswa.
Data penelitian ini berupa hasil  belajar siswa yang meliputi ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Dengan hasil siswa dari siklus ke siklus menunjukan hasil berikut : l. Siswa aktif selama pembelajaran 68% menjadi 92%, 2. Siswa aktif selama kegiatan belajar 76% menjadi 84%, 3. Siswa sudah mampu melakukan tolak peluru gaya samping (ortodok) 80% menjadi 92%, 4. Siswa mampu melakukan tes kemampuan gerak tolak peluru dengan baik 68% menjadi 96%, 5. Siswa senang dengan pembelajaran tolak peluru gaya samping (ortodok) 92% menjadi l00%. Dengan demikian hasil dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan yang riil.