Abstrak


Motif, Pola Penggunaan, dan Kepuasan Menggunakan Media (Hubungan antara Motif Mengikuti Akun Instagram dan Pola Penggunaan Media terhadap Kepuasan di Kalangan Pengikut Akun Instagram @femaledailynetwork)


Oleh :
Ishmah Hanifah - D1218025 - Fak. ISIP

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner melalui Google Form kepada 400 responden yang merupakan pengikut akun instagram @femaledailynetwork. Pembagian kuesioner dilakukan dari akhir November 2020 hingga pertengahan Desember 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Rank Spearman, Uji Chi-Square, dan uji Korelasi Berganda.
Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa motif mengikuti akun instagram @femaledailynetwork memiliki pengaruh atau hubungan yang kuat terhadap kepuasan mengikuti akun instagram @femaledailynetwork dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,834. Sedangkan pola penggunaan memiliki pengaruh atau hubungan yang cukup berarti terhadap kepuasan mengikuti akun instagram @femaledailynetwork dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,424. Motif dan pola penggunaan secara bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dengan nilai R sebesar 0,839.

Kata Kunci : Motif, Pola Penggunaan, Kepuasan, Instagram, Uses and Gratification.