Abstrak


Peningkatan Penguasaan Konsep Perkalian melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Kaliboto Mojogedang Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012


Oleh :
Yustina Pramuri Aji - X7109125 - Fak. KIP

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep perkalian pada siswa kelas III SD Negeri 01 Kaliboto  Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui Pendekatan Matematika Realistik.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri OI Kaliboto, sebanyak 34 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 57,20; kemudian pada tes siklus pertama 73,82; menjadi 79,55 pada siklus kedua, (2) adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 29,41%; dan pada tes siklus pertama 76,45%; kemudian pada siklus kedua menjadi 88,23%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui Pendekatan Matematika Realistik mampu meningkatkan penguasaan konsep perkalian pada siswa kelas III SD Negeri 01 Kaliboto Mojogedang Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.