Abstrak


Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Dimasa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021


Oleh :
Wahyu Andi Saputra - K4616084 - Fak. KIP

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui; Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK ditengah pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih oleh peneliti karena pendekatan deskriptif menggambarkan keadaan suatu peristiwa pembelajaran daring mata pelajaran PJOK pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Pemalang tahun 2020/2021 berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana mestinya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampel Jenuh yang digunakan dalam penelitian yaitu semua peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Pemalang yang berjumlah 280. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan angket atau kuesioner. Data yang diperoleh yakni transkip hasil kuesioner kemudian dianalisis dan diuji validitas data menggunakan triangulasi sumber.

Dari hasil analisis dan pembahasan tentang efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran PJOK pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Pemalang diperoleh hasil: 1) Faktor perencanaan dan pembuatan materi pembelajaran menurut guru tergolong efektif dengan rata-rata 22,5, sedangkan menurut peserta didik tergolong cukup efektif dengan rata-rata 16,90, dan orang tua tergolong cukup efektif dengan rata-rata 17,26. 2) Faktor penyampaian materi menurut pendapat dari guru tergolong efektif dengan rata-rata 23,5, sedangkan pendapat peserta didik tergolong cukup efektif 19,05, dan orang tua tergolong cukup efektif dengan rata-rata 18,53. 3) Faktor interaktivitas pembelajaran dari pandangan guru tergolong sangat tidak efektif dengan rata-rata 6,5, menurut dari peserta didik tergolong sangat tidak efektif dengan rata-rata 5,23, sedangkan orang tua juga tergolong sangat tidak efektif dengan rata-rata 5,03. 4) Faktor evaluasi pembelajaran menurut pandangan dari guru tergolong cukup efektif dengan rata-rata 18,5, menurut peserta didik tergolong cukup efektif dengan rata-rata 16,34 dan menurut orang tua juga tergolong cukup efektif dengan rata-rata 16,34.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK melalui daring pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Pemalang Tahun 2020/2021 berlangsung cukup efektif.

Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Daring, PJOK