Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Llgsawpada Mata Diklat Melaksanakan Prinsip Kerja Profesional Bidang Keahlian Pemasaran Kelas X PM2 SMK Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012


Oleh :
Eisti Widiastuti - K7408209 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melaksanakan prinsip kerja profesional pada siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 3 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Hasil belajar meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan, yaitu: 1. Perencanaan Tindakan, 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa dengan komposisi 36 siswa perempuan dan 4 siswa  laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan diterapkan model kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar yang meliputi tiga ranah yakni psikomotor, afektif dan kognitif Hasil belajar siswa pada ranah psikomotor dari keempat aspek yang diamati  setiap siklus dapat diperoleh rata-rata  kelas yakni, 56% untuk siklus I menjadi 790/o pada siklus n. Hasil  belajar siswa pada nmah afektif dari kelima aspek yang diamati setiap siklus diperoleh rata-rata kelas yakni 57% untuk  siklus I menjadi 79% pada siklus 11. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif dapat diperoleh data yakni niiai rata-rata kelas pada sikius l yakni 75,85 menjadi 82,83 pada siklus II.

Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata diklat melaksanakan prinsip kerja profesional bidang keahlian pemasaran kelas X PM 2 SMK Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.

Kata  kunci.  Model pembelajaran kooperatif Jigsaw, hasil belajar.