Abstrak


Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Keputusan Bersama dalam Pembelajaran PKN Pada Siswa Kelas V SDN 01 Malangjiwan Colomadu Karanganyar


Oleh :
Jumi Wulandari - K7108047 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep keputusan bersama dalam pembelajaran PKn melalui  pendekatan  SAVI  pada siswa  kelas  V  SDN  01   Malangjiwan Colomadu Karanganyar  Tahun  Pelajaran
2011/2012.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap  siklus  terdiri  dari 4  tahapan  yaitu perencanaan,  pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Malangjiwan Colomadu Karanganyar   Tahun  Pelajaran  2011/2012  yang berjumlah  39 siswa. Data penelitian ini diperoleh  dengan teknik tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis  interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari tiga  komponen  yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan  atau verifikasi. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan penguasaan konsep keputusan bersama dalam pembelajaran  P.Kn dari kondisi  awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan penguasaan konsep tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai tes evaluasi penguasaan konsep siswa pada setiap siklus yaitu nilai rata-rata penguasaan konsep pada kondisi awal sebesar 65,57, pada siklus I sebesar 78,53, dan  pada  siklus  II  meningkat  menjadi  85,27. Pada kondisi awal siswa yang memperoleh nilai diatas KKM (>70) sebanyak 17 siswa (44%), pada siklus I meningkat menjadi 30 siswa (77%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 36 siswa (92%).
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan  penguasaan  konsep keputusan  bersama dalam pembelajaran P.Kn pada   siswa  kelas   V  SDN 01 Malangjiwan Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.