Abstrak


Penerapan Cooperative Learning dengan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar IPS Konsep Usaha Ekonomi di Indonesia pada Siswa Kelas V SDN 3 Klego Boyolali


Oleh :
Slamet Raharjo - X1808059 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan Cooperative Learning dengan model jigsaw pada siswa kelas V SDN  3 Klego Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 3 Klego, Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran IPS masih rendah. Melalui penerapan Cooperative Learning dengan model jigsaw permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, Iangkah-langkah dalam  setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi, observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dan tanggapan siswa terhadap penerapan Cooperative Learning dengan model jigsaw pada pembelajaran IPS.                   Hasil  Penelitian menunjukkan bahwa saat proses pembelajaran berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Hal ini terlihat dari keterkaitan siswa pada kondisi awal dengan nilai rata-rata 52,33 menjadi  59 pada siklus 1 meningkat 6,67 dan menjadi 83,67 pada siklus 2 meningkat 31,34. Pada siklus ini ketuntasan klasikal sudah tercapai 86,67%. Hanya tinggal dua anak yang belum tuntas dikarenakan mengalami kesulitan dalam belajar baik di sekolah maupun di rumahnya karena keadaan orang tua (buta huruf, ekonomi yang memprihatinkan, saudara - saudaranya idiot dan tidak bersekolah).