Abstrak


Peranan Bagian Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perekrutan Tenaga Kerja pada PT. Aksara Solopos Surakarta


Oleh :
Heni Tri Anawati - X7406028 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses perekrutan tenaga kerja yang dilaksanakan di PT.Aksara Solopos Surakarta, (2) Metode yang digunakan Manajemen sumber daya manusia dalam proses perekrutan tenaga kerja pada PT. Aksara Solopos Surakarta, (3) Faktor penghambat  serta solusinya dalam proses perekrutan tenaga kerja di PT.Aksara Solopos Surakarta.

Sesuai dengan tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif, strategi penelitian yang digunakan adalah strategi tunggal terpancang. Teknik cuplikan dengan menggunakan teknik purposive snowball sampling, Sumber daya yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, lokasi, dokumen dan arsip. Teknik penggumpulan data yang digunakan  adalah wawancara,  observasi  atau  pengamatan, dokumen dan arsip. Untuk keabsahan data, Validitas data yang digunakan dalam penelitian  ini adalah trianggulasi  data atau sumber dari trianggulasi  metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif mengalir.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses perekrutan tenaga kerja yang dilaksanakan di PT. Aksara  Solopos Surakarta melalui 7 tahap meliputi: a)Perencanaan atau Permintaan Sumber Daya Manusia, Manajemen SOM SOLOPOS baru melakukan perekrutan tenaga kerja baru bila ada permintaan tenaga kerja baru dari bagian yang membutuhkan calon tenaga kerja baru, b) Seleksi Berkas/Referensi Pelamar, berkas-berkas surat lamaran yang masuk kebagian Manajeman SOM SOLOPOS akan diseleksi terlebih dahulu oleh Staf SOM  yang bertugas, c) Tes Tertulis, Manajemen SOM SOLOPOS mengadakan tes tertulis bagi calon tenaga kerja yang berkas lamarannya dianggap  paling  memenuhi  persyaratan, d) Tes Wawancara, Caton tenaga kerja yang lulus  dalam tes tertulis  berhak  mengikuti tes selanjutnyayaitu tes wawancara, e) Tes psikologi, Tes psikologi  dilakukan  untuk menguji tingkat kecerdasan (intelliegent), bakat (aptitude), prestasi (achievement), minat (italic), dan kepribadian  dari pelamar, f) Tes kesehatan, tes kesehatan  untuk mengetahui apakah calon tenaga kerja tersebut mampu berkerja atau tidak  ditinjau dari segi fisiknya, tes Medis  meliputi beberapa pemeriksaan dimulai dari tes urine, tes ginjal, tes jantung, tes mata dan general chek up lainnya, g) Keputusan Penerimaan Tenaga Kerja, ada rapat khusus yang dilakukan pihak  Manjemen SOLOPOS  yang  terdiri  dari: (1) Direktur Manajemen SOLOPOS, (2) Manajer Sumber Daya Manusia, perusahaan, (3) Pihak Manajer SOLOPOS yang membutuhkan  tenaga kerja, untuk memutuskan  siapa yang akan diajak untuk bergabung sebagai  tenaga  kerja  baru di SOLOPOS. 2) Metode-metode yang digunakan dalam proses perekrutan tenaga kerja di PT. Aksara Solopos, Surakarta adalah  sebagai berikut: (1) perekrutan  yang dilakukan dari luar perusahaan, (2) perekrutan yang dilakukan dari dalam perusahaan. 3) Faktor-faktor yang menghambat dalam proses perekrutan tenaga kerja dan di PT. Aksara Solopos Surakarta dan Solusi untuk mengatasi Faktor Penghambat  tersebut  adalah: a) factor penghambat  dalam proses perekrutan tenaga kerja adalah tidak mendapatkan calon tenaga kerja yang qualified dan performance  serta  volume beban kerja yang tinggi pada saat menyeleksi  berkas-berkas surat lamaran yang masuk, karena jumlahnya terlalu  banyak, b) solusi yang dilakukan pimpinan adalah mengadakan perekrutan tenaga kerja secara ulang dan menambah jumlah karyawan yang bertugas untuk menyeleksi berkas-berkas surat lamaran  yang masuk, supaya proses seleksi berkas-berkas surat lamaran yang masuk kebagian SDM cepat terselesaikan.