Abstrak


Penerapan Metode Bercerita dengan Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Beridtung pada Anak Kelompok A TK Marsudisiwi Jajar Laweyan Surakarta


Oleh :
Nahriyah - X8110520 - Fak. KIP

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan  berhitung  melalui penerapan metode bercerita dengan gambar seri pada anak kelompok A TK Marsudisiwi Jajar Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Responden adalah anak kelompok A yang berjumlah 13 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyaiian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah anak didik dengan nilai tuntas pada pratindakan adalah 3 anak atau 23, I%, siklus I berjumlah 5 anak atau 38,5%, siklus II menjadi 10 anak atau 76,9?n siklus III menjadi 11 anak atau 84,6%.
Simpulan  penelitian  ini adalah  melalui  metode  bercerita  dengan  gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK Marsudisiwi Jajar Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.