Abstrak


Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Biologi Siswa Kelas XI A3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali


Oleh :
Puput Dwi Maret Tanti - K4307044 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar biologi siswa kelas XI A3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali melalui penerapan pembelajaran aktif (Active Learning) dengan metode Mind Map.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI A3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dan wawancara.

Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas melalui penerapan pembelajaran aktif (Active Learning) dengan metode Mind Map dapat meningkatkan  kreativitas  belajar biologi siswa kelas XI A3 SMA Negeri 1  Ngemplak Boyolali. Hal ini didasarkan pada hasil observasi, angket, dan wawancara Rata-rata nilai persentase capaian setiap indikator yang didapatkan dari hasil observasi kreativitas belajar siswa untuk siklus I sebesar 76?n siklus II sebesar 84,67% (meningkat 8,67%). Rata-rata nilai persentase capaian setiap indikator dari  angket kreativitas belajar siswa untuk siklus I 77,43?n siklus II 78,87% (meningkat 1,44%).

Berdasarkan basil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran aktif (Active Learning) dengan metode Mind Map dapat meningkatkan kreativitas belajar biologi siswa kelas XI A3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali.

Kata Kunci: Active Learning, Mind Map, Kreativitas Belajar