Abstrak


Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa 1unagraidta Sedang Kelas VWCL/SMPLB SLB C YPAC Semarang


Oleh :
Hari Purwanto - X521 l005 - Fak. KIP

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas(PTK)  ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat melalui pembelajaran kontekstual pada siswa tunagrahita sedang  kelas VWCI/SMPLB, SLB C YPAC Semarang. Subjek dari penelitian ini  adalah seluruh siswa tunagrahita sedang kelas VII/Cl/SMPLB SLB C YPAC Semarang tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah tujuh orang siswa.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif  komparatif. Hasil  yang  diperoleh dari siklus I rata-rata kelas sebesar 56,85 dengan persentase 18,900/o,  sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan  yak:ni  rata-rata kelasnya 66,00  dengan persentase peningkatan sebesar  18,60%, sehingga kemampuan menyelesaikan penjumlahan bilangan bulat  siswa tunagrahita sedang kelas VII/Cl/SMPLB SLBC  YPAC Semarang "meningkat".

Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual dapat  mengupayakan peningkatan prestasi  belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat pada siswa tunagrahita sedang kelas VWCI/SMPLB SLB C YPAC Semarang semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata kunci : Tunagrahita, pendekatan kontekstual, penjumlahan,prestasi belajar.