Abstrak


Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangturi 03 Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2010/2011


Oleh :
Rusbandini - X1808051 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi menggunakan pemanfaatan lingkungan alam sekitar pada siswa kelas V SD Negeri Karangturi 03, Kroya, Cilacap.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pra tindakan siklus, siklus I, dan siklus II dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangturi 03, yang terdiri dari 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa observasi dan wawancara. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan PTK ini dilaksanakan melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.

Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan pada kondisi awal, nilai rata-rata kelas 64,39. Dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar dalam menulis puisi pada siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 73,79. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,22. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan  bahwa guru telah mampu meningkatkan keberhasilan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Karangturi 03. Setiap siklus selalu membawa dampak positif ke arah peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Karangturi 03 Tahun pelajaran 2010 I 2011.