Abstrak


Pengembangan Buku Ajar Membaca Menulis Permulaan Bermuatan Nilai Qurani Bagi Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah di Surakarta


Oleh :
Fitri Puji Rahmawati - T841608003 - Pascasarjana

Penelitian ini mengembangkan buku ajar membaca menulis permulaan bermuatan nilai qurani yang dapat menjadi sumber belajar berbahasa dan nilai qurani. Tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsikan karakteristik buku ajar yang digunakan oleh guru untuk mengajarkan kemampuan membaca dan menulis permulaan serta pemahaman nilai qurani, (2) memaparkan kebutuhan guru dan siswa akan buku ajar tersebut, (3) menjabarkan pengembangan buku ajar yang telah ditulis, dan (4) menguji keefektifan buku ajar membaca menulis permulaan yang bermuatan nilai qurani.
Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan yang berbentuk riset operasional dari Gall & Borg. Penelitian ini memiliki tiga tahapan yakni tahap eksplorasi, pengembangan model, dan pengujian model. Data penelitian berasal dari informan, buku ajar, dan pembelajaran membaca menulis permulaan bermuatan nilai qurani di SD Muhammadiyah wilayah Surakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, karakteristik dari buku ajar membaca dan menulis permulaan yang bermuatan nilai qurani setelah dianalisis berdasarkan kelayakan isi, bahasa, grafika, penyajian, dan muatan nilai qurani dihasilkan bahwa materi membaca dan menulis permulaan telah tercantum, namun bahasa yang digunakan belum sesuai dengan perkembangan bahasa anak, ilustrasi dan gambar masih kurang bahkan tidak ada, ukuran huruf terlalu kecil, dan tidak ada materi nilai qurani yang berasal dari kandungan ayat suci Al-Qur’an terutama nilai akhlak. Kedua, kebutuhan guru akan buku ajar membaca menulis permulaan bermuatan qurani, meliputi: mengandung materi membaca dan menulis yang lengkap, mengintegrasikan membaca menulis permulaan dengan materi nilai qurani, mempertimbangkan segi perkembangan psikologis siswa, serta memiliki metode mengajarkan materi yang bervariasi. Ketiga, pengembangan buku ajar dimulai dengan tahap mendiskusikan purwarupa dalam lokakarya. Masukan dari peserta lokakarya, antara lain: ilustrasi diperbanyak dan disajikan dengan warna yang lebih cerah, ukuran dan tipografi perlu disesuaikan dengan anak, dan materi nilai qurani diperbanyak. Purwarupa kemudian diperbaiki, selanjutnya dilaksanakan penilaian dan masukan dari pakar. Penilaian pakar menyimpulkan bahwa purwarupa buku tersebut telah baik dan bisa diuji coba terbatas. Masukan dari guru pada saat uji coba terbatas, antara lain: tampilan ayat Al-Qur’an sebaiknya diberi bingkai, materi latihan disusun lebih mudah dipahami siswa, dan ilustrasi buku lebih islam. Setelah produk diperbaiki, diterapkan dalam uji coba lebih luas yang menghasilkan kesimpulan terjadi peningkatan kemampuan membaca, menulis, dan nilai qurani siswa setelah menggunakan purwarupa buku ajar. Keempat, hasil uji keefektifan buku ajar ialah terjadi perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa yang menggunakan buku Membaca Menulis Permulaan Bermuatan Nilai Qurani dengan siswa yang menggunakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Pintar Bahasa Indonesia, dan Buku Penilaian (Bupena).

kata kunci: Buku Ajar, Membaca Permulaan, Menulis Permulaan, Nilai Qurani, Nilai Akhlak