Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Beretorika Dakwah


Oleh :
Umi Faizah - T841608014 - Pascasarjana

Kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara kondusif dan sistematis jika didukung oleh media pembelajaran yang baik. Media pembelajaran yang efektif berpeluang memberikan intervensi pada kompetensi berbicara mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mengidentifikasikan karakteristik media pembelajaran yang selama ini digunakan pada mata kuliah berbicara di Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta; (2) memetakan potensi dan kebutuhan pemanfaatan media pembelajaran  audio visual interaktif pada mata kuliah berbicara berbasis pendekatan saintifik di Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta; (3) mendeskripsikan pengembangan purwarupa media audio visual interaktif dalam pembelajaran retorika dakwah pada mata kuliah berbicara berbasis pendekatan saintifik di Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta; (4) menemukan ada tidaknya pengaruh media audio visual interaktif  berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran berbicara terhadap keterampilan beretorika dakwah di Universitas Muhammadiyah  Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi dari Sukmadinata (2013) meliputi empat tahap: 1) tahap pendahuluan, 2) tahap pengembangan, 3) tahap pengujian dan 4) tahap diseminasi. Pendekatan penelitian pada tahap eksplorasi adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, observasi, wawancara, angket. Analisis data menggunakan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pengujian model dilakukan dengan metode eksperimen semu.  
Hasil temuan pada penelitian ini: 1) karakteristik media yang digunakan didominasi dengan media realia; 2) terdapat potensi dan kebutuhan pemanfaatan media pembelajaran  oleh mahasiswa dan dosen; 3) pengembangan purwarupa media audio visual interaktif berdasarkan uji terbatas dan  uji lebih luas dapat dikatakan siap untuk menjadi model media pembelajaran; 4)  hasil uji keefektifan penerapan media audio visual interaktif pada mata kuliah berbicara berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan beretorika dakwah dapat dibuktikan secara signifikan berdasarkan uji statistik. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Audio Visual Interaktif  pada mata kuliah berbicara terhadap kompetensi beretorika dakwah mahasiswa secara signifikan dibandingkan dengan media pembelajaran yang selama ini digunakan.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran  Audio Visual Interaktif, Pendekatan Saintifik, Keterampilan Beretorika  Dakwah.