;

Abstrak


Pengembangan Media Interaktif Berbasis Penyelesaian Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Ekonomi SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur


Oleh :
Anita - S991808001 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan dan mengembangkan media interaktif berbasis penyelesaian masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi di SMA; 2) mengetahui kelayakan media interaktif berbasis penyelesaian masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi di SMA; dan 3) mengetahui keefektifan media interaktif berbasis penyelesaian masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi di SMA.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) Tahap pendefinisian (define), 2) Tahap perancangan (design), 3) Tahap pengembangan (development), dan 4) Tahap penyebaran (disseminate). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket, lembar observasi, wawancara dan instrumen tes. Jenis data dalam penelitian ini yakni data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif berupa hasil kemampuan berpikir kritis yang diperoleh melalui tes. Data kualitatif berupa data hasil validasi ahli, validasi praktisi, uji coba terbatas, dan uji coba luas yang diperoleh menggunakan angket penilaian terhadap produk yang dikembangkan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur sebanyak 150 orang. Sampel berjumlah 60 orang peserta didik menggunakan teknik purposive sampling.  
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) media interaktif berbasis penyelesaian masalah berhasil dikembangkan dengan materi yang disusun berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan nyata untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik; 2) media interaktif berbasis penyelesaian masalah yang dikembangkan memiliki kategori yang sangat baik ditinjau dari kelayakan isi dan materi, kesesuaian media, kemudahan dalam mengoperasikan media, kemenarikan media, dan kemanfaatan media dalam proses pembelajaran ekonomi; 3) media interaktif berbasis penyelesaian masalah efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi berdasarkan skor  n-gain yaitu sebesar 0.7 yang menunjukkan kategori tinggi.

Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Berpikir Kritis, Penyelesaian Masalah