;

Abstrak


Logoterapi Medical Ministry pada Pasien Kanker Ovarium Dengan Depresi dan Ansietas


Oleh :
Lisetiawati - S571702002 - Pascasarjana

Latar Belakang : Kanker ovarium merupakan kanker terbanyak ketiga di dunia yang mengenai wanita. Ansietas dan depresi adalah dua gangguan psikiatri yang paling sering ditemukan pada pasien dengan kanker ovarium. Logoterapi dapat menurunkan atau memperbaiki gejala depresi dan kecemasan pada pasien kanker. Logoterapi dengan metode pendekatan medical ministry ini, diharapkan pasien kanker ovarium akan mampu memanfatkan kemampuannya dalam mengambil sikap terhadap kondisi dan lingkungan yang tidak mungkin dirubah lagi.
Tujuan : Mengetahui logoterapi medical ministry dalam mengurangi gejala depresi dan ansietas pada pasien kanker ovarium. Mengetahui kelayakan hasil penelitian logoterapi medical ministry untuk menghasilkan pedoman sebagai penuntun dalam melakukan logoterapi medical ministry pada pasien kanker ovarium dalam mengurangi gejala depresi dan ansietas
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, studi kasus yang mengaplikasikan logoterapi medical ministry untuk mengurangi gejala depresi dan ansietas pada pasien kanker ovarium
Hasil : Didapatkan hasil bahwa proses logoterapi medical ministry yang dilakukan dapat memperbaiki depresi dan ansietas pada ketiga subjek yang menderita kanker ovarium. Hal ini dapat dilihat dari penilaian yang dilakukan melalui instrumen DASS maupun penilaian secara klinis yang disampaikan secara subjektif, serta penilaian terapis secara objektif.
Kesimpulan : Logoterapi medical ministry dengan setting terapi individu menunjukkan proses perbaikan depresi dan ansietas pada pasien kanker ovarium. Modul yang digunakan pada studi penelitian ini dapat digunakan sebagai penuntun atau pedoman dalam pelaksanaan logoterapi medical ministry terhadap perbaikan depresi dan ansietas pada pasien kanker ovarium.

Kata Kunci : Logoterapi medical ministry, depresi, ansietas, pasien kanker ovarium