;

Abstrak


Analisis Tata Kelola Standar Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pedidikan di Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Boyolali)


Oleh :
Syahriar Ardanto Wibowo - S031702022 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui implemenetasi standar pembiayaan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Boyolali.; (2) mengetahui dampak implementasi standar pembiayaan pendidikan terhadap mutu pendidikan; (3) mengetahui peran faktor yang mempengaruhi implementasi standar pembiayaan pendidikan terhadap mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Boyolali.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Sekolah Dasar yang dipilih menggunakan Teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan dan tujuan peneliti. Penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Teknik pemeriksaan keabsahan mengunakan triangulasi dan triangulasi sumber.  Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yaitu dengan melakukan pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Boyolali sudah mengimplementasikan standar pembeiayaan pendidikan untuk mengelola keuangan di sekolah dengan maksimal.; (2) Sekolah Dasar Negeri masih membutuhkan biaya tambahan untuk bisa mengembangkan mutu pendidikan; (3) faktor yang mempengaruhi kelancaran pembiayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah Kepala Sekolah, Bendahara, Guru Kelas, dan Orang tua.


Kata Kunci: Pembiayaan Pendidikan, Mutu Sekolah, Sekolah Dasar