;

Abstrak


Analisis Jenis Intuisi Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Siswa SMK Bhakti Nusantara Salatiga


Oleh :
Faiz Latif Usman - S851608042 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan jenis intuisi dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari gaya kognitif reflektif siswa SMK Bhakti Nusantara Salatiga; 2) Mendeskripsikan jenis intuisi dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari gaya kognitif impulsif siswa SMK Bhakti Nusantara Salatiga.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Bhakti Nusantara Salatiga pada kelas XI Farmasi. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa terdiri dari 3 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 3 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Jenis intuisi siswa gaya kognitif reflektif dalam memahami dan merencanakan masalah adalah intuisi affirmatori bersifat self-evident dan intrinsik certainty. Jenis intuisi siswa gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah adalah intuisi antisipatori yang bersifat ide global dan theory status. 2) Jenis intuisi siswa gaya kognitif impulsif dalam memahami masalah adalah intuisi affirmatori bersifat self-evident dan intrinsik certainty. Jenis intuisi siswa gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah adalah intuisi antisipatori yang bersifat ide global, implicitness dan extrapolativeness.


Kata kunci: Intuisi, Gaya Kognitif, Reflektif, Impulsif