Abstrak


Analisis Variabel Anteseden Pembelian Impulsif (Studi Konsumen Retail Rita Pasaraya Wonosobo)


Oleh :
Rahendhiki Ratik Galindra - F0217087 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan data primer yang didapat melalui survei berupa kuisioner yang didistribusikan secara online kepada responden yakni konsumen Rita Pasaraya Wonosobo. Sampel pada penelitian ini berjumlah 163 dengan pendekatan purposive sampling. Pengujian pertama berupa face validity yakni untuk mendapat komentar dan saran mengenai item pertanyaan yang disediakan. Langkah selanjutnya melakukan uji instrumen yakni uji validitas dan uji Reliabilitas sampel kecil yang dilanjutkan sampel besar, uji model, uji hipotesis, serta uji moderasi dengan menggunakan software SmartPLS.
Hasil pada penelitian menunjukan bahwa lingkungan toko tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif in-store promotion berengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, atribut produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, gender wanita tidak memperkuat hubungan lingkungan toko dengan pembelian impulsif, dan gender wanita memperkuat hubungan antara in-store promotion dan atribut produk terhadap pembelian impulsif.
Keterbatasan dalam penelitian ini ialah penyebaran data yang lebih berfokus pada usia 16-25 tahun sebanyak 62?ri total keseluruhan responden. Selain itu, sebanyak 54,6% responden yang merupakan pelajar/mahasiswa.  Hal ini dapat  mengakibatkan belum menggambarkan sifat pelanggan secara umum yang dikhawatirkan dapat menyebabkan bias data.

Kata Kunci : Keputusan pembelian, Pembelian impulsif, Retail.