;

Abstrak


Efektivitas Edutainment tentang Perawatan Kehamilan terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Ibu dalam Menghadapi Kehamilan


Oleh :
Shalsabilla Tiara Firdausia - S021702027 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang: Bermain atau belajar dengan suasana yang menyenangkan merupakan salah satu faktor yang penting dalam pendidikan. Melalui edutainment ibu hamil dapat mempermudah pemahaman serta mampu mempengaruhi dan memotivasi perilaku orang. Pembelajaran dengan metode Edutainment hendaknya dapat memberikan manfaat positif pada ibu hamil agar dapat  menjadikan pembelajaran tepat sasaran tidak hanya pada kognitif namun juga afektif. Promosi kesehatan dengan metode pembelajaran yang disebut Edutainment yang diharapkan dapat memberikan solusi baru dalam proses memberikan pendidikan pada ibu hamil.
Subjek dan Metode: peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dengan Experimental dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design dengan Randomize Controlled Trial (RCT). Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random sehingga terbentuk satu kelompok eksperimen diberikan perlakukan dengan metode edutainment tentang perawatan kehamilan pada ibu hamil dan kelompok kontrol dengan metode ceramah (konvesional). Lokasi penelitian di Puskesmas Banguntapan I Kabupaten Bantul, DIY. Populasi ibu hamil yang periksa di Puskesmas Banguntapan I. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Edutainment, Variabel dependen adalah pengetahuan, sikap dan tindakan perawatan ibu dalam menghadapi kehamilan.
Hasil: Pengetahuan ibu hamil yang mendapatkan edutainment (Mean= 3.99; SD= 2.14) lebih baik  daripada tidak mendapatkan edutainment (Mean= 2.87; SD= 1.91), p< 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Edutainment efektif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik (perilaku, tindakan) ibu hamil tentang perawatan diri menghadapi kehamilan.  
Kata Kunci: Edutainment, Perawatan Kehamilan, Pendidikan Kesehatan