Abstrak


Kajian tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dipadu Make A Match sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi


Oleh :
Amalia Dwi Prastika - K7616004 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kajian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan adalah hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui setiap langkah-langkah dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu make a match yang terdiri dari proses membaca dan mengggali informasi, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, serta evaluasi berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan siswa seperti halnya kemampuan komunikasi, bepikir kritis, kerjasama, serta sikap tanggung jawab.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui hasil analisis terhadap kajian tentang penerapan model pembelajaran jigsaw dipadu make a match mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.