Abstrak


Analisis Wacana Kritis Teks Editorial Tentang Normal Baru pada Koran Kompas dan Media Indonesia


Oleh :
Shifa Parama Dita Adzani - B0217056 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dicermati pada penelitian ini adalah: (i) bagaimana struktur teks yang membangun wacana editorial normal baru dalam masa pandemi Covid-19 pada koran Kompas dan Media Indonesia; dan (ii) bagaimana representasi ideologi koran Kompas dan Media Indonesia ditinjau dari struktur teks wacana editorial normal baru masa pandemi Covid-19.
Atas perumusan masalah tersebut, penelitian ini ditujukan untuk: (i) mendeskripsikan struktur teks pada wacana editorial normal baru dalam masa pandemi Covid-19 pada koran Kompas dan Media Indonesia; dan (ii) mendeskripsikan representasi ideologi Kompas dan Media Indonesia ditinjau dari wacana editorial normal baru masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian adalah satuan lingual berupa kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf dalam wacana editorial tentang normal baru dan bersumber dari koran digital Kompas dan Media Indonesia. Data disediakan dengan metode simak dan pengumpulan dokumen. Analisis dilakukan dengan model pendekatan analisis wacana kritis van Dijk dan metode interpretatif.
Hasil penelitian ini adalah: (i) analisis struktur teks pada wacana editorial normal baru berupa makrostruktur, superstruktur, dan mikrostruktur sejumlah 175 data, dengan 68 data pada Kompas dan 107 data pada Media Indonesia; dan (ii) representasi ideologi yang tercermin dalam editorial Kompas adalah objektivisme dan representasi ideologi yang tercermin dalam editorial Media Indonesia adalah idealisme.


Kata kunci: Analisis Wacana Kritis, Struktur Teks, Ideologi, Covid-19, Editorial