Abstrak


Perbandingan Prestasi Belajar Ekonomi Antara Siswa yang Menggunakan Bimbingan Belajar Online, Bimbingan Belajar Konvensional Serta Kombinasi Kedua Bimbingan Belajar pada Siswa SMA di Surakarta


Oleh :
Noviana Dwi Saputri - K7616049 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai perbandingan prestasi belajar Ekonomi antara siswa yang menggunakan bimbingan belajar online, bimbingan belajar konvensional, serta kombinasi kedua bimbingan belajar tersebut. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat jenis bimbingan belajar mana yang paling baik terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat expost-facto. Penulis memilih populasi dan sampel yang digunakan yaitu siswa SMA program peminatan IPS di Surakarta tahun pelajaran 2020/2021 yang menggunakan bimbingan belajar online, bimbingan belajar konvensional, serta kombinasi kedua bimbingan belajar tersebut. Sampel yang digunakan yakni 96 siswa yang terdiri dari 32 siswa pengguna bimbingan belajar online, 32 siswa pengguna bimbingan belajar konvensional, serta 32 siswa pengguna kombinasi kedua bimbingan belajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah convinience sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan survei. Analisis data yang digunakan ialah ANOVA satu jalur (one way anova). Data diolah menggunakan aplikasi SPPS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar Ekonomi antara siswa yang menggunakan bimbingan belajar online, bimbingan belajar konvensional serta kombinasi kedua bimbingan belajar pada siswa SMA di Surakarta. Namun perbedaan tersebut ada yang signifikan dan ada yang tidak signifikan. Perbedaan yang signifikan terjadi pada jenis bimbingan belajar online dan bimbingan belajar kombinasi dengan nilai signifikansi 0,028. Sementara pada bimbingan belajar online dan bimbingan belajar konvensional tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansinya 0,625. Jenis bimbingan belajar konvensional dan bimbingan belajar kombinasi juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansinya 0,216. (2) Bimbingan belajar yang paling baik untuk meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa yakni jenis bimbingan belajar kombinasi (perpaduan bimbingan belajar online dan konvensional). Hal ini karena rata-rata prestasi belajar Ekonomi tertinggi ada pada siswa yang menggunakan jenis bimbingan belajar kombinasi yakni sebesar 88,50. Sementara rata-rata prestasi belajar Ekonomi pada siswa yang menggunakan bimbingan belajar online ialah 85,06 dan siswa yang menggunakan bimbingan belajar konvensional yakni sebesar 86,28.

Kata kunci: bimbingan belajar online, bimbingan belajar konvensional, kombinasi kedua bimbingan belajar, prestasi belajar Ekonomi