Abstrak


Pengembangan Panduan Keterampilan Gaya Belajar Menstimulasi Multiple Intelligences Siswa SMP


Oleh :
Intan Suri Pratiwi - K3113032 - Fak. KIP

Intan Suri Pratiwi. K3113032. PENGEMBANGAN PANDUAN KETERAMPILAN GAYA BELAJAR MENSTIMULASI MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA SMP. Skripsi. Fakultas. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2021.

Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk prototipe-2 berupa”Panduan Keterampilan Gaya Belajar Menstimulasi Multiple Intelligences Siswa SMP” berdasarkan kajian teoritik yang selanjutnya siap untuk diuji kefektifannya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg dan Gall, namun hanya sampai pada tahap ke empat atau menghasilkan produk berupa prototipe-2. tahapan yang dilalui oleh peneliti yaitu : (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) uji validitas ahli, dan (4) uji kepraktisan. Subjek penelitian pada uji validitas ahli adalah dosen program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sebelas Maret dan subjek uji kepraktisan adalah guru SMP Negeri 1 Sragen. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji ahli dan kepraktisan adalah  inter-rater agreement.

Hasil uji validitas ahli bimbingan dan konseling untuk panduan keterampilan gaya belajar menstimulasi Multiple Intelligences siswa SMP sebesar 0,70 yang berarti memiliki validitas yang tinggi. Nilai uji validitas LKS sebesar 0,82 yang berarti memiliki validitas yang tinggi. Sementara untuk hasil uji kepraktisan oleh praktisi (guru) pada  panduan keterampilan gaya belajar menstimulasi Multiple Intelligences siswa SMP sebesar 0,94 yang berarti memiliki kepraktisan yang tinggi. Nilai uji kepraktisan LKS sebesar 0,70 yang berartikan memiliki kepraktisan yang tinggi.