Abstrak


Pengaruh Substitusi Semen dengan Abu Tempurung Kelapa Terhadap Kuat Tekan dan Daya Serap Air Paving Block


Oleh :
Diah Ratnaningsih - K1517023 - Fak. KIP

Diah Ratnaningsih, PENGARUH SUBSTITUSI SEMEN DENGAN ABU TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP AIR PAVING BLOCK. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2021.

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh substitusi semen dengan abu tempurung kelapa terhadap kuat tekan dan daya serap air paving block, mengetahui kuat tekan maksimum serta daya serap air minimal. Pemanfaatan tempurung kelapa belum optimal akan menyebabkan limbah menumpuk. Salah satu inovasinya memanfaatkan tempurung kelapa sebagai substitusi terhadap semen untuk bahan pembuatan  paving block.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk mengetahui pengaruh substitusi abu tempurung kelapa terhadap kuat tekan dan daya serap air. Penelitian ini menggunakan variasi substitusi abu tempurung kelapa sebesar 0%, 5%, 7,5%, 10%, 12,5?n 15?ri berat semen dengan perbandingan semen dan pasir adalah 1:6 serta faktor air semen 0,3. Dimensi paving block 20 cm x 10 cm x 6 cm sesuai SNI-03-0691-1996. Pengujian kuat tekan dan daya serap air paving block dilakukan pada umur 28 hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi semen dengan abu tempurung kelapa mempunyai pengaruh terhadap kuat tekan dan daya serap air paving block. Kuat tekan maksimal pada substitusi 10% sebesar 15,25 MPa setara kualitas C dan daya serap air minimal pada substitusi 10% sebesar 5,25?ngan kualitas B (SNI-03-0691-1996).