Abstrak


Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri dan Self-Regulated Learning dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa SMK NEGERI 6 Surakarta


Oleh :
Wiwin Putri Latifah - K7717079 - Fak. KIP

 

Wiwin Putri Latifah. K7717079. HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA SMK NEGERI 6 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Oktober 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan tingkat kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar siswa di SMK Negeri 6 Surakarta. (2) hubungan tingkat self-regulated learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar siswa di SMK Negeri 6 Surakarta. (3) hubungan tingkat kepercayaan diri dan self-regulated learning secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar siswa di SMK Negeri 6 Surakarta.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah kejuruan negeri 6 Surakarta angkatan 2020/2021 sebanyak 108 siswa. Sampel yang diperhitungkan dengan menggunakan rumus slovin dan diambil sebanyak 85 dari 108 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional sampling dengan metode random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi ganda, dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar akuntansi siswa di SMK Negeri 6 Surakarta dengan nilai signifikan didapat 0,000 < 0>self-regulated learning dengan hasil belajar akuntansi siswa di SMK Negeri 6 Surakarta dengan nilai signifikan yang dihasilkan yaitu 0,000 < 0>self-regulated learning dengan hasil belajar akuntansi siswa di SMK Negeri 6 Surakarta dengan nilai signifikan didapat 0,000 < 0> Ftabel (3,11).