Abstrak


Analisis Standar Syarat dan Ketentuan Umum Antara PT Gojek Indonesia dan Mitra Driver Ditinjau Berdasarkan Asas Proporsionalitas.


Oleh :
Shofwatul Islamia Az-zahra - E0017442 - Fak. Hukum

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik asas proporsionalitas dalam syarat dan ketentuan antara PT Gojek Indonesia dan Mitra Driver serta memberikan konstruksi hukum dalam kontrak elektronik yang mencerminkan asas proporsionalitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif bersifat evaluatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan bahan hukum dalam menganalisis permasalahan tersebut menggunakan teknik studi kepustakaan yang selanjutnya dilakukan teknik analisis dengan metode deduktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa syarat dan ketentuan umum yang tercantum dalam kontrak elektronik antara PT Gojek Indonesia dan Mitra Driver belum menunjukkan adanya penerapan asas proporsionalitas. Penerapan asas proporsionalitas dalam standar kontrak elektronik merupakan solusi yang ideal dalam menimbang hak dan kewajiban antar para pihak, sehingga dapat meminimalisasi terjadinya risiko dengan tetap menciptakan prinsip saling memerlukan, memperkuat, dan menguntungkan.

Kata kunci: Syarat dan Ketentuan Umum, Asas Proporsionalitas, Gojek, Mitra Pengemudi.