Abstrak


Pengaruh Kreativitas, Motivasi dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Taruna Farma Karanganyar


Oleh :
Farhana Ishami - K7616024 - Fak. KIP

Farhana Ishami. PENGARUH KREATIVITAS, MOTIVASI DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA  SISWA SMK TARUNA FARMA KARANGANYAR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. 2021.

              Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kreativitas, motivasi dan pembelajaran kewirausahaan secara parsial maupun secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa SMK Taruna Farma Karanganyar.

              Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa SMK Taruna Farma Karanganyar yang berjumlah 63 siswa. Tenik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.

              Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas, motivasi dan pembelajaran kewirausahaan secara simultan  terhadap minat berwirausaha siswa ditunjukkan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 32,254 > 2,76.  Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas, motivasi, dan pembelajaran kewirausahaan secara parsial terhadap minat berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dibanding t tabel dengan urutan variabel yang paling berpengaruh yaitu variabel kreativitas (5,654>1,670), variabel motivasi (2,283>1,670),varibel pembelajaran kewirausahaan (2,141>1,670).