Abstrak


Hubungan Durasi Penggunaan Smartphone dan Adiksi Smartphone Dengan Kelelahan Mata pada Mahasiswa Kedokteran UNS


Oleh :
Kisendia Karunia Kristyaputri - G0017121 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Smartphone sudah menjadi tren gaya hidup dan hiburan dengan berbagai fitur multimedia yang tersedia. Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat memicu adiksi pada smartphone. Smartphone memiliki dampak bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah kelelahan mata. Kelelahan mata merupakan kelelahan atau ketegangan pada organ visual, dimana terjadinya gangguan pada mata dan sakit kepala yang dikarenakan oleh penggunaan mata secara intensif.                             
Tujuan: Mengetahui hubungan antara durasi penggunaan smartphone dan adiksi smartphone dengan kelelahan mata pada mahasiswa kedokteran UNS  
Metode:  Penelitian ini bersifat observasional analitik menggunakan metode cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan  purposive sampling  dengan jumlah 57 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik spearman rank dengan aplikasi IBM SPSS Statistics 23 for Windows.        
Hasil: Hasil uji statistik spearman rank ditemukan tidak ada hubungan antara durasi penggunaan smartphone dengan kelelahan mata dengan nilai p = 0,775 (p > 0,05). Hasil uji statistik spearman rank ditemukan ada hubungan yang signifikan antara adiksi smartphone dengan kelelahan mata dengan nilai p = 0,046 (p < 0>Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara durasi penggunaan smartphone dengan kelelahan mata. Terdapat hubungan yang signifikan antara adiksi smartphone dengan kelelahan mata dengan tingkat kekuatan korelasi dalam kategori cukup dan hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah.

Kata Kunci: durasi penggunaan smartphone, adiksi smartphone, kelelahan mata