Abstrak


Hubungan antara Pandangan akan Masa Depan dengan Kematangan Karier pada siswa SMK Karya Bahana Mandiri 1 & 2 Bekasi


Oleh :
Nimaswari Dyah Ayu Putri - G0114067 - Fak. Kedokteran

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lembaga pendidikan pada jenjang menengah yang bertujuan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan dan komptensi agar dapat menjadi individu yang siap diserap dalam dunia kerja. Di Indonesia tingkat pengangguran terbuka menurut jenjang pendidikan di dominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan individu dalam menentukan karier adalah kematangan karier. Individu dengan kematangan karier yang baik cenderung memiliki pencapaian karier yang lebih baik dibandingkan individu dengan kematangan karier yang rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pandangan akan masa depan dengan kematangan karier pada siswa SMK Karya Bahana Mandiri 1 & 2 Bekasi. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 312 siswa kelas X, XI, XII yang berasal dari 10 kejuruan. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu Skala Pandangan akan Masa Depan (? = 0,888) dan Skala Kematangan Karier (? = 0,871). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kolerasi kendall’s tau.

Hasil penelitian ini menunjukan nilai koefisien kolerasi sebesar 0,367 yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara pandangan akan masa depan dengan kematangan karier. Semakin tinggi pandangan akan masa depan, maka semakin tinggi kematangan kariernya. Sebaliknya, semakin rendah pandangan akan masa depan, maka semakin rendah kematangan kariernya.