Abstrak


Kajian Batik Tulis Pewarna Alami Karya Suratmi di Desa Jarum Kecamatan Bayat Klaten


Oleh :
Astrid Sonya Riyadi - C0916015 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Suratmi merupakan pengrajin batik dari desa Jarum Bayat yang masih berfokus pada batik tulis pewarna alam meskipun sebenarnya industri batik terus mengalami perkembangan dalam segi teknik pembuatan. Batik Suratmi memiliki warna andalan yaitu dominasi alas warna biru dan coklat kekayuan, warna ini disertai dengan penggambaran motif kontemporer flora fauna. Teknik batiknya menggunakan batik tulis dengan proses penyantingan semi halus hingga halus.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, Data yang diperoleh merupakan hasil wawancara narasumber, observasi dan dokumentasi dan menghasilkan data primer dan sekunder. Teknik analisis data diterapkan dengan cara pengumpulan data yang ada, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini didapatkan yaitu berupa latar belakang mengapa Suratmi membuat batik tulis warna alami, proses kreatif yang dilalui hingga pewujudan desain yang dikaji dalam aspek estetika, aspek fungsi, aspek material, dan aspek teknik.
`
Kata kunci: batik, batik tulis, pewarna alam