;

Abstrak


Meta Analisis Pengaruh Acupressure Dan Birthing Ball Exercise Terhadap Nyeri Persalinan


Oleh :
Susiana Yuni Astuti - S022002030 - Sekolah Pascasarjana

Latar belakang: Penatalaksanaan nyeri dalam persalinan diidentifikasi sebagai salah satu topik terpenting yang terkait dengan kehamilan dan persalinan. Acupressure dan birthing ball exercise merupakan salah satu metode penatalaksanaan nyeri persalinan secara nonfarmakologis untuk membantu ibu mengatasi proses persalinan. Penatalaksanaan ini dapat meredakan sensasi rasa nyeri dengan meningkatkan kesejahteraan, kenyamanan, dan rasa kontrol wanita dalam persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi pengaruh acupressure dan birthing ball exercise terhadap nyeri persalinan.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan systematic review   dan meta-analisis yang dilakukan dengan PRISMA diagram flow. Pencarian artikel melalui database jurnal meliputi: PubMed, Science Direct, Google Schoolar dan SpingerLink dengan memilih artikel yang diterbitkan pada tahun 2010-2020. Kata kunci yang digunakan yaitu (“labor pain” OR labour pain) “AND (“acupressure” OR “acupressure hegu”) AND (“birthing ball” OR “birthing ball exercise”) AND “randomized controlled trial”. Kriteria inklusi adalah artikel full paper article dengan metode penelitian Randomized Controlled Trial (RCT), ukuran hubungan yang digunakan dengan Mean SD, intervensi yang diberikan adalah acupressure dan birthing ball exercise, subjek penelitian yaitu ibu bersalin kala I fase aktif. Artikel yang memenuhi syarat dianalisis menggunakan aplikasi Revman 5.3.
Hasil: Meta-analisis dari 16 artikel menunjukan hasil Acupressure (SMD -1.29; 95% CI= -2.35 hingga -0.24; p=0.02) dan Birthing Ball Exercise (SMD -0.73; 95% CI= -1.56 hingga 0.11; p=0.09).
Kesimpulan: Acupressure dan birthing ball exercise berpengaruh dalam mengurangi nyeri persalinan.