Abstrak


Analisis Sistem Pemungutan Retribusi Pelayanan Pemakaman Kota Surakarta


Oleh :
Pandu Huda Fauzan - F3417041 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemungutan Retribusi Pelayanan Pemakaman di Kota Surakarta. Mengetahui bagaimana pelaksanaan pemungutan Retribusi Pelayanan Pemakaman yang dilaksanakan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan kota Surakarta. Mengetahui besaran tingkat presentase efektivitas pelaksanaan pemungutan Retribusi Pelayanan Pemakaman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan pengambilan data sekunder. Wawancara dilakukan kepada karyawan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan kota Surakarta. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah data target realisasi pendapatan/penerimaan retribusi daerah tahun 2017 sampai 2019. Lokasi penelitian di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan kota Surakarta.
Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pemungutan Retribusi Pelayanan Pemakaman. Langkah yang telah dilakukan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Surakarta dalam pemungutan retribusi pelayanan pemakaman cukup baik sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Pencapaian target retribusi pelayanan pemakaman dinilai sudah sangat efektif.

Kata kunci : Analisis, Retribusi, Pemungutan