Abstrak


Pengembangan Materi Pembelajaran Ecoprint pada Pembelajaran Seni Budaya di Kelas XI SMAN 2 Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Kartika Oktavianti - K3215035 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini di antaranya adalah: 1. Mendiskripsikan pengembangan materi ecoprint sebagai alternatif materi seni rupa 2D di kelas XI SMA N 1 Boyolali tahun ajaran 2020/2021. 2. Mendiskripsikan keberterimaan guru dan siswa terhadap materi ecoprint untuk diterapkan menjadi salah satu materi seni rupa 2D pada pembelajaran seni budaya kelas XI SMA N 2 Boyolali.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development. Sumber data yang digunakan adalah guru mata pelajaran seni budaya dan siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 2 Boyolali. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan menggunakan angket. Uji validitas terhadap data dilakukan dengan teknik triangulasi data melalui guru pengampu mata pelajaran seni budaya dan siswa mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa serta analisis arsip, atau dokumen berupa kurikulum yang berlaku, silabus dan karya-karya siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif.

            Hasil dari penelitian ini diantaranya: 1.Penelitian pengembangan yang dilakukan menghasilkan produk berupa materi pembelajaran ecoprint dalam berbagai format, yang kemudian diterapkan pada kelas XI MIPA 1 SMA N 2 Boyolali, sebagai subjek uji coba agar dapat mengetahui kelayakan produk dan keberhasilan penerapan produk. 2. Setelah melakukan uji ahli dan uji lapangan baik itu dalam skala tebatas maupun dalam skala luas terhadap materi ecoprint yang disusun oleh penulis, kemudian pemberian angket kepada guru dan siswa SMA N 2 Boyolali guna mengetahui keberterimaan terhadap materi ecoprint, diketahui bahwa materi ecoprint yang disusun oleh penulis layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran sebagai alternatif materi seni rupa 2D, dilihat dari respon terhadap penerimaan materi yang sangat baik.