Abstrak


Analisis Peran Guru Dalam Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri I Jeporo Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2020/2021


Oleh :
Ermas Brian Andana - K7117071 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Analisis Peran Guru Dalam Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri I Jeporo di sekolah. Hal ini untuk bagaimana peran guru kelas iv di Sd Negeri I Jeporo, bagaimana motivasi belajar siswa kelas Iv Di Sd Negeri I Jeporo serta bagaimana peran guru dalam memotivasi belajar kelas iv Sd Negeri I Jeporo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode purposive samplig. Metode ini menggunakan kriteria yang dipilih peneliti pada saat pemilihan sampel. Kriteria pemilihan sampel dibagi menjadi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil angket peserta didik kelas IV SD Negeri I Jeporo sejumlah 14 siswa serta hasil wawancara dari guru kelas IV SD Negeri I Jeporo. Sedangkan untuk data sekunder berupa dokumentasi guru dalam kegiatan belajar mengajar SD Negeri I Jeporo. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Triangulasi Sumber dengan menggunakan berbagai sumber data yang tersedia (seperti guru SD Negeri I Jeporo dan Penanggung Jawab SD Negeri I Jeporo), data harus ditriangulasi untuk menguji kredibilitas data yang dikumpulkan. Triangulasi teknik pengumpulan data berupa a) wawancara, b) observasi, dan c) angket kelas IV SD Negeri I Jeporo.
Hasil penelitian menunjukan peranan kelas IV SD Negeri I Jeporo dalam memotivasi sudah tergolong baik. Guru memiliki peranan yang sangatlah signifikan pada proses aktivitas belajar mengajar. Peran guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mengajar mencakup beberapa hal misalnya menjadi mediator, pengelola kelas, fasilitator, motivator, mediator, dan evaluator. Banyak siswa yang sudah termotivasi akan belajarnya. Karena peran guru disini sudah menunjukkan bagaimana secara keseluruhan guru sudah melakukan semua cara yang dapat memotivasi peserta didik untuk lebih semangat dalam pembelajaran. Dalam meningkatkan motivasi belajar aspek-aspek yang ada di masing-masing peranan harus dilakukan dengan baik dengan tujuan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Dalam penelitian ini, peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar sudah dilakukan dengan sangat baik terlihat dari 15 aspek yang disajikan hampir 100% sudah dilaksanakan dengan baik. Hal yang sama juga diperkuat dengan angket dari 14 siswa yang menyatakan hampir 100% guru mereka sudah melaksanakan dari apa yang disebutkan didalam angket mengenai peran guru dalam motivasi belajar siswa.

Kata kunci    : Peran Guru, Motivasi Belajar