;

Abstrak


Meta-Analisis Pengaruh Baby Massage Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur dan Berat Badan Bayi


Oleh :
Raina Lola Fauzia - S022002024 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Raina Lola Fauzia. S022002024. 2021. Meta-Analisis Pengaruh Baby Massage Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur dan Berat Badan Bayi. Tesis. Pembimbing I: Dr. dr. Uki Retno Budihastuti, Sp.OG(K). Pembimbing II: Dr. Rita Benya Adriani, S.Kep., M.Kes. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Latar belakang: Pola tidur dan berat badan pada bayi diidentifikasi sebagai salah satu topik terpenting yang terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Baby massage merupakan gerakan usapan lambat dan lembut pada seluruh tubuh bayi yang dimulai dari kaki, perut, dada, wajah, tangan dan punggung bayi. Pijat bayi merupakan salah satu bentuk rangsang raba. Bayi yang dipijat mengalami peningkatan tonus nervus vagus (saraf otak ke-10) yang akan menyebabkan peningkatan kadar enzim penyerapan gastrin dan insulin. Dengan demikian penyerapan makanan akan menjadi lebih baik. Sehingga berat badan dan kualitas tidur meningkat lebih banyak daripada yang tidak dipijat.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan systematic review   dan meta-analisis yang dilakukan dengan PRISMA diagram flow. Pencarian artikel melalui database jurnal meliputi: PubMed, Science Direct, Google Schoolar dan SpingerLink dengan memilih artikel yang diterbitkan pada tahun 2010-2020. Kata kunci yang digunakan yaitu (“baby massage” OR “infant massage”) AND (“sleep quality” OR “baby sleep quality”) AND (“weight gain” OR “baby weight gain”) AND “randomized controlled trial”. Kriteria inklusi adalah artikel full paper article dengan metode penelitian Randomized Controlled Trial (RCT), ukuran hubungan yang digunakan dengan Mean SD, intervensi yang diberikan adalah baby massage, subjek penelitian yaitu bayi usia 0 – 3 tahun. Artikel yang memenuhi syarat dianalisis menggunakan aplikasi Revman 5.3.
Hasil: Meta-analisis dari 16 artikel menunjukan hasil Baby Massage terhadap kualitas (SMD 0.70; 95% CI= -0.05 hingga 1.46; p=0.07) dan Baby massage terhadap berat badan (SMD 0.52; 95% CI= 0.08 hingga 0.96; p=0.02).
Kesimpulan: Baby Massage berpengaruh dalam meningkatkan kualitas tidur dan berat badan bayi.

Kata Kunci: Baby Massage, Sleep quality, Baby weight gain, Meta-Analisis.