Abstrak


Strategi Pemasaran Produk di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BINA INSAN MANDIRI (BIM) KARANGANYAR


Oleh :
Nur Istiqomah - F3617043 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui produk-produk simpanan dan pembiayaan di KSSP BIM serta perkembangan dari produk tersebut (2) mengetahui strategi pemasaran produk simpanan dan pembiayaan KSPPS BIM serta persamaan dari strategi pemasaran tersebut (3) mengetahui strategi pemasaran yang paling efektif di KSPPS Bina Insan Mandiri (4) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi KSPPS BIM dalam memasarkan produknya.

Penelitian tugas akhir ini, penulis melakukan pengamatan langsung di Kantor KSPPS BIM Cabang KLODRAN dan Kantor BIM Pusat yang berlokasi di Jln. Solo-Purwodadi km.8, Selokatan, Karanganyar. Pengumpulan data dilakukan pada saat kegiatan magang berlangsung. Data diperoleh dengan melakukan wawancara kepada manajer, marketing, dan teller KSPPS BIM Pusat dan Cabang KLODRAN.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa: (1) produk-produk simpanan dan pembiayaan di KSPPS BIM sama seperti pada bank umumnya yaitu tabungan dan kredit. Tetapi yang membedakannya yaitu pada simpanan menggunakan sistem bagi hasil dan pembiayaan kredit di KSPPS BIM menggunakan sistem akad karena lembaga ini berdasarkan prinsip syariah. Seperti contoh produk simpanan yaitu tabungan insan mandiri, simpanan qurban, dan lain sebagainya. Untuk pembiayaan ada akad murabahah, wakalah, ijarah, dan lain sebagainya. Perkembangan dari produk tersebut mengalami kenaikan setiap tahunnya (2) Strategi pemasaran yang digunakan di KSPPS BIM adalah strategi pemasaran 4P yaitu Place (tempat), Promotion (promosi), Product (produk), Price (Harga). Persamaan ataupun perbedaan strategi pemasaran adalah sarana baliho promosi tentang produk simpanan dan pembiayaan dengan sisi muka yang berbeda (3) Strategi tersebut sudah efektif hanya lebih memperkuat kembali marketing dalam berbaur dengan masyarakat (4) Kendala strategi pemasaran pasti ada seperti pada SDM ataupun nasabahnya tetapi dengan kerja keras semua dapat berjalan dengan baik.