;

Abstrak


Meta-Analisis Pengaruh Anemia pada Ibu Hamil terhadap Risiko Bayi Berat Lahir Rendah


Oleh :
Fara Khansa Azizah - S021902022 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Fara Khansa Azizah. S021902022. 2022. Tesis. Meta Analisis Pengaruh Anemia pada Ibu Hamil Terhadap Risiko Bayi Berat Lahir Rendah. Pembimbing I: Prof. DR. Yulia Lanti Retno Dewi, dr., M.Si. Pembimbing II: Prof. Bhisma Murti, dr., MSc., MPH., Ph.D. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Latar Belakang:Berat badan lahir rendah (BBLR) merupakan faktor risiko terjadinya morbiditas dan mortalitas pada bayi.Beberapa studi sebelumnya menyatakan bahwa anemia ibu berpengaruh pada beberapa hasil perinatal yang merugikan, termasuk salah satunya berat badan lahir rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh keadaan anemia pada ibu hamil terhadap kejadian berat badan lahir rendah.
Subjekdan Metode:Penelitian ini merupakan review sistematis dan meta-analisis dengan pencarian artikel yang diterbitkan oleh database online PubMed, ResearchGate, Science Direct, Google Schoolar dan EBSCO pada tahun 2016 hingga 2021. Variabel dependen adalah BBLR. Variabel independen adalah anemia pada ibu. Analisis data menggunakan software RevMan versi 5.3.
Hasil: Ibu hamil yang mengalami anemia selama masa kehamilannya berisiko melahirkan bayi dengan BBLR  dibandingkan dengan ibu yang tidak anemia (OR= 3.42; CI 95%= 1.85-6.34; p= p< 0>Kesimpulan: Ibu yang mengalami anemia selama masa kehamilannya merupakan salah satu faktor risiko terjadinya bayi dengan BBLR.