Abstrak


Tipologi Inovasi Elektronik Pembayaran Pajak Solo Destination (EPPSON) di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Surakarta


Oleh :
Evita Dina Pratiwi - D0116030 - Fak. ISIP

Pajak merupakan sumber utama pembiayaan pengeluaran negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Mengingat pentingnya peran pajak dalam perekonomian negara, pada kenyataannya masih banyak ditemukan permasalahan dan kendala yang harus dihadapi dalam pemungutan pajak daerah di Indonesia. Salah satu upaya pemerintah Kota Surakarta mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melalui inovasi pelayanan pajak daerah berbasis teknologi berupa fitur Elektronik Pembayaran Pajak Solo Destination (EPPSON), yang berhasil menjadikan Kota Surakarta sebagai kota pertama yang menggunakan layanan pembayaran pajak daerah dengan sistem multichannel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi dari inovasi pelayanan pajak daerah melalui EPPSON dengan menggunakan dimensi tipologi inovasi menurut Perry yang terdiri dari inovasi produk, inovasi pelayanan, inovasi proses, inovasi konseptual, inovasi kebijakan dan inovasi sistemik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian  deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu dari hasil wawancara dan sumber data sekunder berupa dokumen terkait dengan penelitian. Informan yang digunakan sebagai sumber data dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data adalah analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan, dan verifikasi. Dalam menjaga keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipologi inovasi yang ada dalam penerapan inovasi EPPSON yaitu terdapat 4 (empat) tipologi inovasi antara lain, inovasi produk, inovasi pelayanan, inovasi kebijakan, dan inovasi sistemik. Sedangkan pada tipologi inovasi proses dan inovasi konseptual hanya memenuhi sebagian dari kriteria tipologi inovasi tersebut. Hal ini karena pada penerapan inovasi EPPSON tidak terjadi pembaharuan pada struktur organisasi serta misi, tujuan dan prinsip pelayanan dari pihak BPPKAD Kota Surakarta.

Kata Kunci: Tipologi Inovasi, Pajak Daerah, EPPSON