Abstrak


Perencanaan dan Perancangan Kantin Kampus V Universitas Sebelas Maret Dengan Pendekatan Konsep Green Architecture


Oleh :
Haidar Ahmad - K1516028 - Fak. KIP

Kondisi eksisting Kantin Kampus V UNS saat ini memiliki banyak permasalahan, yaitu kurang memberikan kenyamanan bagi pengguna; seperti kurangnya kapasitas ruang makan, ruang sirkulasi yang sempit, ruang bayar dan ruang pelayanan yang bertubrukan. Tujuan penelitian untuk menghasilkan perencanaan dan perancangan gedung Kantin Kampus V Universitas Sebelas Maret dengan konsep green architecture supaya nyaman, hemat energi, dan ramah lingkungan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kantin Kampus V Universitas Sebelas Maret untuk civitas akademik dan tamu pengunjung Kampus V Universitas Sebelas Maret. Sumber data berasal dari wawancara dosen arsitektur UNS, pengelola kantin, dan survey pengguna kantin. Validasi data menggunakan teknik triagulasi data, dan review informan. Analisis data menggunakan metode pendekatan aspek fungsional, kontekstual, kinerja, teknis, dan arsitektural.

Hasil Penelitian ini adalah perencanaan dan perancangan Kantin Kampus V Universitas Sebelas Maret dengan pendekatan konsep green architecture. Simpulan penelitian ini adalah kondisi eksiting gedung dan dinamika pada Kantin Kampus V Universitas Sebelas Maret dengan penataan yang telah diperbaiki, dan perencanaan dan perancangan gedung Kantin Kampus V UNS sesuai dengan konsep green architecture.

Kata Kunci : Perencanaan, Kantin, Green Arcitecture