Abstrak


Analisis Implikatur Dalam Antologi Cerita Humor Kok Rena-Rena Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar di Sekolah Menengah Pertama


Oleh :
Riski Fidiana - K4217066 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk implikatur yang ada pada antologi cerita humor Kok Rena-rena; (2) maksud implikatur yang ada pada antologi cerita humor Kok Rena-rena; dan (3) relevansi bentuk dan maksud implikatur yang ada pada antologi cerita humor Kok Rena-rena dengan materi ajar bahasa Jawa di SMP kelas VII.
Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis dokumen. Data yang digunakan berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung implikatur dalam antologi. Sumber data dalam penelitian ini berupa antologi cerita humor Kok Rena-rena dan informan. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode analisis dokumen dan wawancara terstruktur. Teknik uji validitas data yang digunakan berupa triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, antologi cerita humor Kok Rena-rena relevan dijadikan sebagai alternatif materi ajar di SMP. Bentuk implikatur yang ditemukan terdiri dari enam implikatur nonkonvensional dan empat implikatur konvensional. Implikatur-implikatur tersebut terdiri dari implikatur yang bermodus deklaratif, asertif, direktif, dan ekspresif. Maksud dari implikatur yang ada dalam antologi tersebut antara lain maksud melarang, memerintah, meminta, menyatakan, menolak, dan menyindir. Bahasa dalam antologi tersebut sebagian besar menggunakan bahasa Jawa ragam Ngoko yang mudah dipahami untuk peserta didik usia SMP.

Kata Kunci : Antologi, cerita humor, implikatur, materi ajar.