Abstrak


Kajian Jam Kerja, Jumlah Pesanan, dan Pendapatan Pengemudi Gojek di Kota Surakarta


Oleh :
Yossa Manggita Prabaswara - F0111866 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Adanya peluang pekerjaan sebagai pengemudi ojek online, memberikan angin segar di tengah semakin sulitnya mencari pekerjaan atau semakin menurunnya peluang pekerjaan konvensional. Meskipun pada kenyataannya, berbagai permasalahan mengiringi kehadiran alternatif pekerjaan berbasis online ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan jam kerja, jumlah pesanan dan pendapatan pengemudi Gojek di Kota Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 108 orang. Teknik pengambilan sampel purposive dengan karakteristik ojek online (Gojek) sebagai pekerjaan utama, minimal telah bekerja selama 1 bulan dan bekerja di wilayah Solo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.
Hasil dari pengumpulan dan analisa data di atas dapat disimpulkan bahwa pengemudi Gojek di Surakarta melakukan pekerjaannya lebih dari 9 jam (35%). Dalam sehari kisaran jumlah pesanan yang ditangani sebanyak 6-10 pesanan (42%) dan pendapatan harian sebesar Rp 50.001-Rp 100.000/ hari (37%). Data tambahan yang diperoleh dari kajian ini yaitu mengenai perbandingan persentase antara pengemudi laki-laki dan perempuan, selain itu juga biaya harian yang harus digunakan yaitu kisaran Rp 10.000-Rp 50.000 (72%).

Kata Kunci: Jam Kerja, Jumlah Pesanan, Pendapatan, Gojek