Abstrak


Penciptaan Karya Seni Tekstil Dengan Sumber Ide Kelahiran


Oleh :
Shofia Ajiba Al-haqiqi - C0915041 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Latar belakang perancangan Tugas Akhir ini adalah menciptakan karya baru yang berfokus pada karya seni tekstil yang menyampaikan pesan terkait kelahiran yang mengeksplorasi visual, simbol, serta mengolah warna dan teknik.
Tujuan proyek Tugas Akhir penciptaan ini adalah untuk menyampaikan pesan dan menciptakan inovasi pada tekstil interior.
Metode pendekatan yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir penciptaann ini yaitu metode pendekatan Gustami. Metode ini melewati 6 tahap yakni pencarian referensi guna mendalami tema dan topik, pencarian landasan teori guna menentuka teknik, material, filosofi dan  masalah pada penciptaan , sketsa, penyempurnaan sketsa, perwujudan, dan evaluasi
Hasil perancangan ini dapat disimpulkan menjadi beberapa hal: (1) eksplorasi dalam menciptakan karya seni estetis interior dengan sumber ide “kelahiran” dapat dilakukan dengan pencarian data berlapis yang kemudian dituangkan dalam sketsa dnegan mempertimbangkan warna dan simbol yang digunakan pada visual. (2) Penciptaan ini menggunakan pendekatan Gustami yaitu: Pencarian referensi, pencarian landasan teori, sketsa, penyempurnaan sketsa, perwujudan, dan evaluasi. (3) Karya diwujudkan pada kain marsoto dengan teknik sulam.

Kata Kunci : Eksplorasi Visual Kelahiran, Narkoba, Penciptaan, Tekstil, Teknik Sulam.