Abstrak


Survei Implementasi Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Menengah PertamaNegeri Se-Kecamatan Boyolali Tahun 2021


Oleh :
Arfianto Nugroho - K4616018 - Fak. Keolahragaan

Arfianto Nugroho. K4616018. SURVEI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN BOYOLALI TAHUN 2021, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret, November 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi covid-19 SMP Negeri se-kecamatan Boyolali tahun 2021.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK, siswa, dan orang tua/wali murid yang bersangkutan. Sampel dalam penelitian menggunakan probability sampling yaitu 9 guru PJOK SMP Negeri se-kecamatan Boyolali, 102 siswa, dan 102 orang tua/wali murid yang bersangkutan.

Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner google form.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase.Berdasarkan hasil penelitian dengan mengambil data dari sudut pandang guru, sudut pandang siswa, dan dukungan orang tua/wali.Penelitian implementasi pembelajaran daring PJOK di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-kecamatan Boyolali belum pernah dilakukan sebelumnya.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh hasil survei guru 83,86%, hasil survei siswa 83,98%, dan hasil survei orang tua 74,80% sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi covid-19 Sekolah Menengah Pertama Negeri se kecamatan Boyolali tahun 2021 berada dalam kategori sangat tinggi (80,88%)tersebut menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi covid-19 SMP Negeri se-kecamatan Boyolali tahun 2021 tergolong dalam kategori sangat tinggi.