Abstrak


Strategi Pemasaran Paket Wisata “Amazing Race” di PT Jendela Nusantara Surakarta


Oleh :
Rifqi Chasna ‘ulya Muhawan - B3217068 - Sekolah Vokasi

Tugas Akhir ini mengkaji tentang paket wisata yang dimiliki oleh PT Jendela Nusantara dan berfokus pada strategi pemasaran paket wisata “Amazing Race”. Strategi tersebut mulai dari analisa pasar, pemasaran secara langsung, pemasaran secara tidak langsung, sampai dengan promosi. Selain itu, Tugas Akhir ini juga membahas tentang kendala apa saja yang dialami oleh PT Jendela Nusantara dalam menjalankan strategi pemasaran yang telah dibuat serta solusinya.
Penelitian ini dianalisis dan disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Jendela Nusantara untuk memasarkan paket wisata “Amazing Race”. Metode yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan metode wawancara, studi pustaka, studi dokumen, serta pengumpulan data dari bulan Maret hingga Oktober 2020 di PT Jendela Nusantara. Narasumber untuk wawancara penelitian tugas akhir ini yaitu Bapak Nardi Hidayat selaku Founder and Director PT Jendela Nusantara, Bapak Danu Hardian selaku Event Manager PT Jendela Nusantara, dan Bapak Dimas Wahyu selaku Executive Enforcer PT Jendela Nusantara.
Hasil penelitian ini menjelaskan tentang strategi yang telah dilakukan oleh PT Jendela Nusantara dalam memasarkan Paket Wisata “Amazing Race” kepada konsumen. Menjelaskan langkah-langkah strategi pemasaran yang digunakan mulai dari analisa pasar yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan target market, pemasaran secara langsung maupun tidak langsung, hingga promosi. Strategi yang dimiliki oleh PT Jendela Nusantara sudah cukup baik. Namun, hal ini tidak membuat PT Jendela Nusantara terlepas dari kendala. Ada beberapa kendala yang perlu diperbaiki oleh PT Jendela Nusantara, salah satunya analisa pasar perlu dilakukan lebih mendalam.
Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu PT Jendela Nusantara memiliki berbagai macam paket outbond dan jenis paket wisata baik paket wisata ready made tour maupun tailor made tour. Paket wisata unggulan yang dimiliki PT Jendela Nusantara yaitu “Amazing Race”, yang mana paket ini merupakan gabungan dari city tour dan outbond. Paket wisata ini memiliki strategi yang cukup baik dalam pemasarannya, namun hal tersebut tidak terlepas dari beberapa kendala, salah satunya yaitu konsep outbond yang kurang berfokus pada pengembangan diri.

Kata Kunci : strategi pemasaran, paket wisata “Amazing Race”, PT Jendela Nusantara, Surakarta