Abstrak


Referensi dan Inferensi Quotes Merry Riana (Kajian Analisis Wacana)


Oleh :
Ellis Sulastri - B0216024 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini mengkaji tentang referensi dan inferensi quotes pada akun instagram @merryriana. Akun instagram @merryriana adalah akun resmi milik Merry Riana yang di dalamnya terdapat banya postingan salah satunya yaitu quotes. Pemilihan quotes pada akun instagram @merryriana sebagai data pada penelitian ini adalah bulan September dan Oktober 2019. Penelitian ini membahas tentang (i) Bagaimana jenis dan penanda referensi dalam quotes Merry Riana? dan (ii) Bagaimana inferensi wacana quotes Merry Riana?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis dan penanda referensi wacana dalam quotes Merry Riana, dan (2) Mendeskripsikan inferensi wacana dalam quotes Merry Riana. Data pada penelitian ini adalah kata, frasa, klausa, dan kalimat yang terdapat dalam quotes Merry Riana yaitu referensi yang kemudian diinferensikan. Sumber data pada penelitian ini adalah quotes yang terdapat dalam akun instagram @merryriana pada bulan September dan Oktober 2019.
Penelitian ini berupa kualitatif deskriptif. Data disediakan menggunakan metode simak dan catat. Analisis data pada penelitian ini adalah metode agih dan metode padan. Pada metode agih teknik dasar yang digunakan adalah bagi unsur langsung (BUL) dengan teknik lanjutan yaitu teknik ganti. Jenis penanda referensi berdasarkan satuan lingual tertentu mengacu pada satuan lingual lain dapat berupa persona (kata ganti orang), demonstratif (kata ganti penunjuk), dan komparatif (berfungsi untuk membandingkan antar unsur satu dengan unsur lain). Referensi yang terdapat  pada quotes akun instagram @merryriana terdapat 17 penanda meliputi, saya,kita, kamu,-mu, anda, dia, di-, -nya, mereka, saat ini, hari ini, sekarang, dulu, masa lalu, seperti, dan daripada.

Kata Kunci: Wacana, Referensi, Inferensi