Abstrak


Implementasi International Baccalaureate Curriculum Tingkat Primary Years Programme di SD Al Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2019 / 2020


Oleh :
Valentina Sekar Widyastari - K7116210 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum International Baccalaureate tingkat Primary Years Programme di SD Al Firdaus Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Validitas data penelitian menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum International Baccalaureate di SD Al Firdaus mencangkup empat hal yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri, (2) Profil IB, (3) Pelaksanaan tema transdisipliner, (4) Pendekatan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Implementasi kurikulum, International Baccalaureate, Primary Years Programme