Abstrak


Hubungan antara Customer Relationship Management dan Word of Mouth dengan Loyalitas Pelanggan pada BIRU Recording Music Studio


Oleh :
Muhammad Reynard Prakosa Nuhriawangsa - G0117055 - Fak. Kedokteran

Banyaknya jasa penyewaan studio musik yang digemari oleh para remaja mengakibatkan persaingan antar studio musik ini menjadi semakin ketat. Masing-masing studio musik membutuhkan loyalitas pelanggannya karena loyalitas pelanggan berperan penting bagi sebuah perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan performa keuangan juga kelanjutan hidup perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Sampel dalam penelitian ini yang akan dijadikan sumber data adalah pelanggan BIRU Recording Music Studio dengan jumlah 60 orang. 
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik incidental sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah skala loyalitas pelanggan (r=0,908), skala customer relationship management (r=0,942), dan skala word of mouth (r=0,934). Hasil analisis kendall tau menunjukkan bahwa terdapat hubungan p=0,000 (p < 0 R=0,635)>customer relationship management dan loyalitas pelanggan. 
Hasil analisis kendall tau menunjukkan bahwa terdapat hubungan p=0,000 (p < 0 R=0,454)>word of mouth dan loyalitas pelanggan. Sebagian besar responden terletak pada kategori customer relationship management, word of mouth, dan loyalitas pelanggan tingkat sedang. Tidak ada perbedaan signifikan loyalitas pelanggan jika dilihat dari kelompok jenis kelamin, usia, dan tingkat pendidikan.