Abstrak


Semiotika Komik Sebagai Media Kritik Sosial (Studi Semiotik Komik Lucunya Hidup Ini di Line Webtoon)


Oleh :
Rofi’ah Nurlita Hidayah - D0213081 - Fak. ISIP

Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar–gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Mengikuti perkembangan zaman, komik tidak hanya berbentuk media cetak tetapi juga bisa diakses menggunakan internet. Salah satunya melalui aplikasi Line Webtoon, kita bisa membaca komik yang diterbitkan oleh komikus dari beberapa negara dengan berbagai genre. Sebagai produk visual, komik memiliki fungsi sebagai media dalam menyampaikan informasi. Informasi yang disampaikan bisa berupa apa saja, termasuk kritik sosial. Dalam penelitian ini penulis memilih salah satu judul komik di Line Webtoon yaitu Lucunya Hidup Ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pesan simbolik tentang kritik sosial yang terdapat dalam komik Lucunya Hidup Ini di Line Webtoon. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika dari Roland Barthes. Peneliti mengambil data dari lima episode komik Lucunya Hidup Ini serta digabung dengan data dari buku serta jurnal untuk membaca tanda atau symbol.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa komik Lucunya Hidup Ini mengandung makna kritik sosial terhadap beberapa bidang, antara lain gaya hidup, stereotype, perhatian orang tua kepada anak, kehidupan pengemis, dan fenomena labelling. Kritik sosial yang terkandung dalam komik tersebut mengambil cerminan dari kehidupan masyarakat di sekitar kita

Kata kunci: Komik, Kritik Sosial, Aplikasi Line Webtoon, Semiotika